Thursday, April 21, 2016

Ketahui Manfaat Bawang Putih untuk Tubuh

Siapa yang tidak tahu bawang putih? Bawang putih menjadi salah satu rempah-rempah yang banyak ditambahkan ke dalam aneka masakan. Bawang putih digunakan untuk menambah cita rasa sedap ke dalam masakan. Aromanya yang menyengat menjadi ciri khas dari bawang putih. Hampir semua bahan makanan alami memiliki banyak manfaat dan keuntungan bagi manusia.

Meskipun memiliki ukuran yang kecil, namun bawang putih menyimpan banyak manfaat untuk tubuh. Hal ini didukung dengan berbagai macam penelitian. Pada kesempatan kali ini akan mencoba membahas mengenai beberapa manfaat dari bawang putih untuk tubuh.

Berikut Manfaat Bawang Putih untuk Tubuh

Membantu dalam Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat bawang putih untuk tubuh yang pertama adalah membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Berdasarkan riset yang ada bahwa bawang putih memiliki manfaat efektif dalam membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan persentase 7 sampai dengan 8 persen. Bahkan uniknya bawang putih ini bisa membantu menurunkan tekanan darah menjadi normal kembali. Akan tetapi sebagian besar penelitian menggunakan bubuk dari bawang putih tertentu.

Dapat Mencegah Demensia dan Alzheimer

Manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh berikutnya adalah dapat membantu dalam mencegah demensia dan juga alzheimer. Perlu diketahui bahwa kerusakan saraf bisa dapat disebabkan oleh radikal bebas yang juga bisa menyebabkan terjadinya proses penuaan dini. Suplemen di dalam bawang putih terbukti membantu dalam meningkatkan antioksidan yang bisa dimanfaatkan oleh manusia. Manfaat gabungan pada bawang putih seperti menurunkan tekanan darah dan siofat antioksidan bisa membantu dalam mencegah penyakit demensia dan alzheimer.

Membantu dalam Mencegah Kanker

Bawang putih yang termasuk sebagai tanaman herbal ternyata juga memiliki manfaat untuk mencegah kanker. Seperti yang mungkin kita ketahui bahwa kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya yang bisa mengancam siapa saja. Para peneliti mengungkapkan bahwa bawang putih layak disebut sebagai herbal anti kanker. Ini dikarenakan di dalam bawang putih terkandung sulfida alil. Kandungan tersebut membantu dalam menghambat pertumbuhan dari PhlP yang menjadi karsinoger yang akhirnya bisa menyebabkan kanker payudara. Perlu Anda ingat bahwa bawang putih memiliki zat antikanker yang bisa membantu mengurangi resiko pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Menangkal Kolesterol Jahat

Kolesterol jahat atau LDL menjadi permasalahan yang bisa menyebabkan masalah pada tubuh salah satunya adalah stroke maupun serangan jantung. Bawang putih ternyata memiliki kemampuan dalam membantu menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat. Selain dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol jahat, ternyata bawang putih juga memiliki kemampuan dalam menjaga kadar kolesterol baik atau HDL dalam tubuh. Dengan begitu maka tubuh Anda akan terjaga kesehatannya.


Meningkatkan Metabolisme Zat Besi

Manfaat berikutnya adalah meningkatkan metabolisme zat besi. Riset menunjukkan bahwa bawang putih memilliki manfaat untuk meningkatkan metabolisme zat besi. Zat besi sangat bermanfaat untuk tubuh. Zat besi tersimpan dalam sel pada tubuh, bawang putih bisa membantu dalam meningkatkan produksi dari protein, dengan begitu akan membantu dalam menjaga zat besi pada tubuh sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai beberapa manfaat dari bawnag putih yang bisa Anda ketahui. Meskipun memiliki ukuran yang kecil, bawang putih ternyata memiliki sejumlah manfaat penting untuk tubuh. Adapun manfaat lain dari bawang putih seperti membantu dalam menghilangkan sakit gigi, membantu menghilangkan bekas luka, dan juga menjaga kecantikan kulit.

Baca



No comments:

Post a Comment